Tentang Kami

Sekilas MAKSI

Mengenal MAKSI

Berdasarkan posisi dan gelar profesionalnya, pada akhir 2019 anggota MAKSI terdiri dari 31 Profesor, 135 Doktor, 121 Magister, 189 Sarjana Diploma, dan mahasiswa pascasarjana.

Keanggotaannya diharapkan akan terus meningkat melalui program baru MAKSI tentang pengembangan kelembagaan dengan melakukan sosialisasi di universitas di provinsi penghasil kelapa sawit di Indonesia.

MAKSI adalah sebuah badan hukum berstatus sebagai sebuah yayasan yang didirikan oleh tujuh Pusat Antar Universitas (disingkat PAU) untuk Biosains (PAU Bioteknologi ITB, PAU Ilmu Biologi ITB, PAU Pangan dan Nutrisi UGM, PAU Bioteknologi UGM, PAU Pangan dan Gizi IPB, PAU Bioteknologi IPB, PAU Biosains IPB), Pusat Studi Pembangunan IPB dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit Indonesia pada tahun 1998.

Hubungan MAKSI dengan kalangan industri kelapa sawit di Indonesia dilakukan melalui Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), di mana MAKSI adalah salah satu di antara 8 (delapan) anggota Asosiasi DMSI lainnya.

Kedelapan anggota Asosiasi tersebut adalah: MAKSI, GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), GIMNI (Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia), APOLIN (Asosiasi Oleochemicals Indonesia), APROBI (Asosiasi Produsen Biodiesel Indonesia), AIMMI (Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia), GPPI (Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia), APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia).

MAKSI adalah salah satu mitra strategis Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), khususnya dalam bidang penenelitian dan pengembangan dan berbagai program terkait sawit lainnya yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Banyak program MAKSI yang pelaksanaanya mendapatkan dukungan pendanaan dari BPDPKS.

Visi

Untuk menjadi organisasi profesional dunia yang paling terpercaya dalam pengembangan minyak kelapa sawit untuk membantu pencapaian industri minyak sawit nasional menjadi sangat kompetitif dan berkelanjutan.

Misi

Menjadi mitra terbaik dari pemerintah, perusahaan swasta, perusahaan negara, petani kecil dan pemangku kepentingan lainnya dalam industri kelapa sawit dalam penelitian, pengembangan, pendidikan, pelatihan, dan advokasi untuk pengembangan industri minyak sawit Indonesia yang sangat kompetitif dan berkelanjutan, terutama demi kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia dalam aspek ekonomi, ekologi, dan sosial budaya.

Asosiasi

WeCreativez WhatsApp Support
Sekretariat kami akan segera membalas pesan Anda
👋 Hi, apa yang kami bisa bantu?